Tuesday, January 26, 2021

Materi Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Di Indonesia Dari Pembelajaran 3 Tema 9

Berdasarkan buku Siswa kelas 4 SD/MI Semester Genap Pembelajaran 3 tema 9 subtema 3 ihwal Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia untuk kompetensi dasar IPS dibutuhkan pelajar sanggup mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten hingga tingkat provinsi. Selain itu menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten hingga tingkat provinsi sebagai apresiasi yang dituangkan dalam Materi Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia dalam tema 9 dengan subtema 3.


PEMBELAJARAN 3 TEMA 9 SUBTEMA: PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA


Setiap warga negara mempunyai kewajiban yang sama dalam menjaga kelestarian alam Indonesia. Hal ini akan berdampak pada anak keturunan kita kelak. Usaha pelestarian lingkungan yang kita lakukan hari ini akan dituai kelak oleh generasi penerus bangsa. Untuk itu, mari kita jaga dan lestarikan sumber-sumber daya alam yang ada di negara kita ini!

 ihwal Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia untuk kompetensi dasar IPS dih MATERI PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA DARI PEMBELAJARAN 3 TEMA 9

Pembelajaran 1 Tema 9 Subtema: Pemanfaatan Sumber Daya Alam di Indonesia

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, insan mengolah dan memanfaatkan sumber daya alam. Pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya ini sangat kuat terhadap lingkungan. Pengelolaan dan pemanfaatan yang tidak memerhatikan kelestarian tentu akan merusak lingkungan dan berakibat jelek juga terhadap kehidupan manusia.

Manusia selalu membutuhkan tumbuhan dan binatang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Seiring dengan laju pertambahan penduduk yang semakin meningkat maka pemenfaat tumbuhan dan binatang pun semakin meningkat pula. Namun, dalam pengelolaan dan pemanfaatannya sebagian insan ada yang bertindak serakah. Menebang pohon sembarangan tanpa diiringi perjuangan penanaman kembali. Hewan diburu dan ditangkap tanpa aturan. Akibatnya, sejumlah tumbuhan dan binatang terancam punah.

Manusia juga memanfaatkan tanah dan kandungan materi tambang di dalamnya. Demi mendapat materi tambang tersebut, insan mengadakan penggalian secara besar-besaan. Hal tersebut menyebabkan penurunan kendungan kesuburan tanah akhir pembukaan lahan yang semakin luas.

Kegiatan penggalian diikuti dengan pengolahan bahan-bahan tembang memakai bahan-bahan kimia. Pembuangan limbah materi kimia sanggup mencemari tanah dan air di sekitarnya. Hal tersebut berakibat tanah menjadi terkotori dan tandus, sehingga tumbuhan tidak sanggup lagi tumbuh di atas lahan tersebut.

Pemanfaatan dan pengolahan sumber daya alam yang tidak memikirkan kelestarian lingkungan sangat berdampak merugikan manusia. Sumber daya alam yang didapat insan begitu cepat tetapi kerusakan lingkungan yang ditimbulkan akan berakibat jelek kepada insan juga. Hal tersebut sanggup menyebabkan musibah dan mengancam kepada manusia.Oleh lantaran itu, pemanfaatan dan pengolahan harus sejalan dengan upaya pelestarian lingkungan sehingga sanggup terus bermanfaat bagi kehidupan manusia.

 ihwal Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia untuk kompetensi dasar IPS dih MATERI PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA DARI PEMBELAJARAN 3 TEMA 9


Kini saatnya diskusikan bersama teman-temanmu tindakan apa yang harus kita lakukan untuk melestarikan kekayaan alam Indonesia!

Setelah kau mempelajari ihwal kekayaan alam Indonesia yang begitu berlimpah. Tentu kita ingin kekayaan ini tetap lestari dan sanggup dinikmati oleh generasi mendatang. Namun, ada saja ulah insan yang tidak bertanggung jawab demi laba pribadi.



Pembelajaran 2 Tema 9 Subtema: Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia

Sebelumnya kau telah mempelajari ihwal hak dan kewajiban masyarakat. Setiap orang mempunyai hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban mencakup semua kehidupan masyarakat. Kita harus menjalankan kewajiban dengan baik semoga kita sanggup mendapat hak. Kita juga harus menjalankan kewajiban kita terkait air higienis semoga kita sanggup mendapat hak kita yaitu mendapat air bersih.


Untuk mempelajari ihwal hak dan kewajiban kami telah menulis di:


Pembelajaran 3 Tema 9 Subtema: Sumber Daya Energi dan Manfaatnya

Indonesia mempunyai aneka macam sumber daya energi yang sanggup dimanfaatkan. Contohnya, minyak bumi. Minyak bumi dimanfaatkan sebagai materi baku pembuatan bensin, pelumas, lilin, dan plastik. Akan tetapi, penggunaan sumber energi secara terus-menerus tanpa adanya upaya penghematan akan menyebabkan ketersediaan minyak bumi di alam akan habis.

Salah satu upaya menghemat pemnggunaan sumber energi yaitu menggantikannya dengan sumber energi alternatif. Apakah yang dimaksud sumber energi alternatif?

Pengertian sumber energi alternatif yaitu energi yang memakai materi bakar yang bukan berasal dari materi bakar fosil dan ramah lingkungan untuk menggantikan energi dari minyak bumi.

Beberapa pola energi alternatif antara lain matahari, angin, air, panas bumi, biogas, dan biomassa.

Alam menyediakan aneka macam sumber energi alternatif yang tidak akan habis. Adapun pembahasan ihwal sumber alternatif tersebut telah kami bahas oleh alasannya itu silahkan kunjungi. Pengertian Sumber Energi Alternatif: Contoh serta manfaat Sumber Energi Alternatif.


Pembelajaran 4 Tema 9 Subtema: Pelestarian Sumber Daya Alam

Melestarikan Sumber daya alam merupakan kewajiban seluruh anggota masyarakat. Hal tersebut dilakukan semoga sumber daya alam tetap sanggup lestari dan sanggup dimanfaatkan. Namun melestarikan kekayaan sumber daya alam bukanlah milik satu orang saja. Seluruh Masyarakat wajib melakukannya secara bahu-membahu dan saling menunjukkan perilaku persatuan dan kesatuan.

Dengan persatuan dan kesatuan, maka kelestarian lingkungan akan lebih gampang dijaga dan lebih cepat terwujud.

Beberapa pola perilaku persatuan dan kesatuan dalam melestarikan sumber daya alam, yaitu:
  1. Kerja bakti membersihkan selikan yang penuh sampah
  2. Bergotong royong membersihkan sungai dari tumpukan sampah.
  3. Bergotong royong membangun sarana kebersihan.
  4. Menanam bibit pohon di taman.
Timbulnya bencana, salah satunya disebabkan oleh sebagian besar masyarakat yang tidak melaksanakan hak dan kewajibannya secara seimbang terhadap lingkungan alam sekitar.

Mereka banyak menciptakan kerusakan tanpa mau melaksanakan usaha-usaha pelestarian, Bencana apa saja yang sanggup timbul bila insan melaksanakan kerusakan terhadap lingkungan alam sekitar?

SOAL

Untuk lebih memahami materi "Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia" maka reungkan soal dan wacana berikut!

1. Kegiatan insan sanggup memengaruhi keseimbangan lingkungan. Kegiatan tersebut yaitu penggundulan hutan, eksploitasi yang berlebihan, dan pencemaran. Sebutkan pengaruhnya!!

2. Beberapa sumber energi alternatif di Indonesia yaitu matahari, angin, air mengalir, panas bumi, biogas, biomassa dan gelombang laut. Bagaimana cara melestarikan dan menjaganya!!

3. Jelaskan pola tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkungan hidup dengan memperhatikan kelestarian lingkungan hidup.

4. Carilah isu mengenai cara melestarikan sumber daya alam di Indonesia dan silahkan menyebarkan dengan kami pada kolom komentar mengenai isu tersebut.