Saturday, February 28, 2015

Pelajaran Sastra: Pengertian Dan Pola Dari Puisi

KURIKULUM PELAJARAN : Puisi ialah jenis sastra, atau goresan pena artistik, yang berupaya menggerakkan imajinasi atau emosi pembaca. Penyair melaksanakan ini dengan menentukan dan mengatur bahasa dengan cermat untuk maknanya, bunyinya, dan iramanya. Beberapa puisi, menyerupai sajak anak-anak, sederhana dan lucu. Puisi-puisi lain mungkin mencoba mengungkapkan kebenaran perihal kehidupan, menceritakan sebuah kisah cinta, atau untuk menghormati seseorang atau dewa. Puisi muncul dalam banyak bentuk dan gaya.


Beberapa andal atau pakar beropini bahwa Puisi merupakan jenis literatur berdasarkan interaksi kata dan ritme. Secara umum puisi juga sering memakai sajak dan ritme (seperangkat hukum yang mengatur jumlah dan pengaturan suku kata di setiap baris). Dalam mendefinisikan puisi, kata-kata dirangkai untuk membentuk suara, gambar, dan gagasan yang mungkin terlalu rumit atau abnormal untuk diuraikan secara langsung.


Menurut Kamus Istilah Sastra Sudjiman, puisi merupakan ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait. Puisi selalu ditulis berdasarkan hukum ritme dan sajak yang cukup ketat, dan masing-masing budaya mempunyai aturannya sendiri. Misalnya, penyair Anglo-Saxon, Samuel Taylor Coleridge, William Shakespeare mempunyai bagan dan ritme sajak mereka sendiri, sementara penyair Yunani dan penyair Arab mempunyai yang lain termasuk penyair Indonesia menyerupai Chairil Anwar, A Mustofa Bisri, Taufik Ismail. Meskipun bentuk-bentuk klasik ini masih banyak dipakai hingga sekarang, penyair modern sering menghilangkan hukum sama sekali - puisi mereka umumnya tidak berima, dan tidak cocok dengan ritme tertentu. Namun, puisi-puisi ini masih mempunyai kualitas ritmis dan berusaha membuat keindahan melalui kata-kata mereka.

Kebalikan dari puisi ialah "prosa" dimana prosa ialah teks normal yang berjalan tanpa jeda atau irama baris. Sederhananya, tentu ketika di sekolah dalam pelajarancg sastra bahasa Indonesia, kita akan menemukan soal apa yang dimaksud dengan puisi, jenis dan sebutkan contohnya berikut klarifikasi pengertiannya.




APA PENGERTIAN DARI PUISI

Dalam kesusatraan berdasarkan para andal literatur berdasarkan interaksi mengungkapkan pendapat mereka perihal apa itu puisi. Pendapat ini tentu banyak dipengaruhi oleh Kesusastraan Asing dalam Kesusastraan Indonesia. Secara umum, puisi bukan satu hal yang melayani satu tujuan lebih dari musik atau pemrograman komputer melayani satu tujuan. Puisi berasal dari kata Yunani, itu hanya berarti "sesuatu yang dibuat," dan puisi ialah serangkaian teknik, cara membuat pola yang memasukkan emosi ke dalam kata-kata. Lalu apa berdasarkan pendapat beberapa andal atau pakar?

PUISI MENURUT SUDUT PANDANG PARA AHLI

  • Menurut Samuel Taylor Coleridge. Coleridge beropini bahwa Puisi merupakan kata-kata yang terindah dalam susunan terindah. Penyair menentukan kata-kata yang setepatnya dan disusun secara sebaik-baiknya, contohnya seimbang, simetris, antara satu unsur dengan unsur lain sangat bersahabat berhubungannya, dan sebagainya.
  • Menurut Putu Arya Tirtawirya (1983). Tirtawirya beropini bahwa Puisi merupakan ungkapan secara implicit dan samar, dengan makna yang tersirat, dimana kata-katanya condong pada makna konotatif
  • Menurut Muhammad Hj Salleh. Salleh beropini bahwa Puisi merupakan bentuk sastra yang kental dengan music bahasa serta kebijaksanaan penyair dan tradisinya. Dalam segala kekentalan itu, maka pusis sehabis dibaca akan menimbulkan kita lebih bijaksana.
  • Menurut Kamus Istilah Sastra Sudjiman (1990). Sudjiman beropini bahwa Puisi merupakan ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait.
  • Menurut Djoko Pradopo (1993). Pradopo beropini bahwa Puisi merupakan hasil kegiatan pemadatan, yaitu proses penciptaan dengan cara menangkap kesan-kesan kemudian memadatkannya (kondensasi).
  • Menurut William Wordsworth. Wordsworth beropini bahwa Puisi merupakan verflow impulsif perasaan kuat, yang diharapkan berasal dari emosi teringat dalam ketenangan, emosi yang dimaksud hingga oleh suatu jenis reaksi, ketenangan secara sedikit demi sedikit menghilang, dan emosi, kerabat itu yang merupakan subjek kontemplasi, diproduksi secara bertahap, dan tidak itu sendiri bersama-sama ada dalam pikiran.
  • Menurut Rahmat Joko Pradopo (2014). Pradopo beropini bahwa Puisi merupakan ekspresi pemikiran yang membangkitkan perasaan, ini mendefinisikan bahwa puisi berarti bisa membangkitkan imajinasi panca indera dalam suasana yang berirama.
  • Menurut Kamus Bahasa Indonesia : KBBI (2008). KBBI beropini bahwa Puisi merupakan ragam sastra yg bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait.


APA PENGERTIAN DARI RITME DAN SAJAK

Jika puisi sebagai genre menentang deskripsi yang mudah, setidaknya kita sanggup melihat label dari banyak sekali jenis bentuk. Menulis dalam bentuk tidak hanya berarti bahwa Anda perlu menentukan kata-kata yang sempurna tetapi bahwa Anda harus mempunyai ritme yang benar (suku kata yang ditentukan dan tidak ditekan), ikuti bagan berima (bergantian baris sajak atau beruntun baris berirama), atau memakai refrain atau garis yang berulang.

Irama. Anda mungkin pernah mendengar perihal menulis dalam pentameter iambik, tetapi jangan terintimidasi oleh jargon. Iambic hanya berarti bahwa ada suku kata tanpa tekanan yang tiba sebelum yang menekankan. Ini mempunyai "clip-clop," merasa kuda berpacu. Satu tekanan dan satu suku kata tanpa tekanan membuat satu "kaki," dari ritme, atau meter, dan lima berturut-turut membentuk pentameter. Sebagai contoh, lihat baris ini dari karya Shakespeare "Romeo & Juliet," yang mempunyai suku kata yang ditebalkan dengan tebal: "Tapi, lembut! Cahaya apa yang menembus jendela di sana?" Shakespeare ialah master di pentameter iambic.

Skema sajak. Banyak bentuk yang ditetapkan mengikuti pola tertentu untuk berima. Saat menganalisis bagan sajak, garis diberi label dengan abjad untuk mencatat final dari setiap sajak yang lain. Ambil bait stanza ini dari lirik lagu indonesia raya 3 stanza:

Stanza 1
Indonesia tanah airku, tanah tumpah darahku
Di sanalah saya berdiri, jadi pandu ibuku
Indonesia kebangsaanku, bangsa dan tanah airku
Marilah kita berseru Indonesia bersatu
Hiduplah tanahku, hiduplah negeriku
Bangsaku, rakyatku, semuanya
Bangunlah jiwanya, bangunlah badannya
Untuk Indonesia Raya
Indonesia Raya, merdeka merdeka
Tanahku, negeriku yang kucinta
Indonesia Raya, merdeka merdeka
Hiduplah Indonesia Raya

Stanza 2
Indonesia tanah yang mulia, tanah kita yang kaya
Di sanalah saya berdiri, untuk selama-lamanya
Indonesia tanah pusaka, pusaka kita semuanya
Marilah kita mendoa Indonesia bahagia
Suburlah tanahnya, suburlah jiwanya
Bangsanya, rakyatnya, semuanya
Sadarlah hatinya, sadarlah budinya
Untuk Indonesia Raya
Indonesia Raya, merdeka merdeka
tanahku, negeriku yang kucinta
Indonesia Raya, merdeka merdeka
Hiduplah Indonesia Raya

Stanza 3
Indonesia tanah yang suci, tanah kita yang sakti
Di sanalah saya berdiri, menjaga ibu sejati
Indonesia tanah berseri, tanah yang saya sayangi
Marilah kita berjanji, Indonesia abadi
Slamatkan rakyatnya, slamatkan puteranya
Pulaunya, lautnya, semuanya
Majulah negerinya, majulah pandunya untuk Indonesia Raya
Indonesia Raya, merdeka merdeka
Tanahku, negeriku, yang kucinta
Indonesia Raya, merdeka merdeka
Hiduplah Indonesia Raya


Sajak baris pertama dan ketiga, dan sajak baris kedua, keempat, dan keenam, yang berarti ia mempunyai bagan sajak a-b-a-b-c-b, alasannya "pikiran" tidak berima dengan baris lain. Ketika garis berirama dan mereka bersebelahan, mereka disebut bait berima. Tiga berturut-turut disebut triplet berima. Contoh ini tidak mempunyai bait sajak atau triplet alasannya sajak berada pada garis bolak-balik.

 yang berupaya menggerakkan imajinasi atau emosi pembaca PELAJARAN SASTRA: PENGERTIAN DAN CONTOH DARI PUISI


CONTOH DAN PENJELASAN DARI PUISI

Contoh 1

Of all creatures that breathe and move upon the earth,
(Artinya: Dari semua makhluk yang bernafas dan bergerak di bumi,)

nothing is bred that is weaker than man.
(Artinya: tidak ada yang dibesarkan yang lebih lemah dari manusia.)

(Homer, The Odyssey)

Homer, penyair Yunani, menulis beberapa literatur paling populer di dunia kuno. Dia menulis dengan gaya yang disebut puisi epik, yang membahas perihal dewa, pahlawan, monster, dan tema "epik" berskala besar lainnya. Puisi-puisi Homer yang panjang menceritakan kisah-kisah para satria Yunani menyerupai Achilles dan Odysseus, dan telah mengilhami banyak penyair, novelis, dan filsuf yang tak terhitung jumlahnya.


Contoh 2

Puisi menawarkan wawasan yang berpengaruh perihal budaya yang membuatnya. Karena itu, penulis dari puisi Indonesia modern sehingga ia menjadi pencetus Angkatan 45 dalam Sastra Indonesia membuat puisi untuk budaya yang mereka temukan. Chairil Anwar populer sebagai penyair yang hidup dan menulis banyak sekali jenis puisi. Selain itu Chairil Anwar juga telah menerjemahkan karya John Cornford (Inggris), Hsu Chih Mo (Cina), Conrad Aiken (Amerika), dan W.H. Auden (Amerika). Selama enam setengah tahun semenjak tahun 1942--1949, Charil Anwar telah menghasilkan 71 buah sajak asli, 2 buah sajak saduran, 10 sajak terjemahan, enam prosa asli, dan 4 prosa terjemahan. Sebagai pola lain dari hasil tangan masbodoh Anwar terkait dengan usaha untuk menerima kebebasan atau kemerdekaan, sebagaimana pola dibawah.


MERDEKA

Aku mau bebas dari segala
Merdeka
Juga dari Ida

Pernah
Aku percaya pada sumpah dan cinta
Menjadi sumsum dan darah
Seharian kukunyah-kumamah

Sedang meradang
Segala kurenggut
Ikut bayang

Tapi kini
Hidupku terlalu tenang
Selama tidak antara badai
Kelah menang

Ah! Jiwa yang menggapai-gapai
Mengapa jikalau beranjak dari sini
Kucoba dalam mati.


Karya : Chairil Anwar
14 Juli 1943


Baca:



KESIMPULAN PELAJARAN SASTRA: PENGERTIAN DAN CONTOH DARI PUISI

Puisi mungkin merupakan bentuk sastra tertua, dan mungkin mendahului asal mula penulisan itu sendiri. Manuskrip tertulis tertua yang kita miliki ialah puisi, sebagian besar puisi epik menceritakan kisah mitologi budaya kuno. Sebagai pola lain dari hasil tangan masbodoh Anwar terkait dengan usaha untuk menerima kebebasan atau kemerdekaan. Gaya penulisan ini mungkin telah dikembangkan untuk membantu orang mengingat rantai informasi yang panjang pada hari-hari sebelum menulis. Ritme dan sajak sanggup membuat teks lebih gampang diingat, dan dengan demikian lebih gampang dipertahankan untuk budaya yang tidak mempunyai bahasa tertulis.


Puisi sanggup ditulis dengan semua tujuan yang sama menyerupai sastra lainnya - keindahan, humor, cinta, dongeng, pesan politik, perjuangan, kepahlawanan, kemerdekaan hingga kehidupan sehari-hari.


Semoga dengan klarifikasi definis dan contoh-contoh jenis puisi diatas Anda sanggup menyimpulkan dengan singkat dan gampang demikian dari pelajarancg.blogspot.com Semoga bermanfaat!!


DAFTAR PUSTAKA

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Chairil Anwar (1922—1949). Ensiklopedia Sastra Indonesia

Pradopo, Rachmat Djoko. 1993. Pengkajian Puisi. Gadjah Mada University. Press:Yogyakarta.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2014. Pengkajian Puisi. Gadjah Mada University. Press:Yogyakarta.

Sudjiman, Panuti. 1990. Kamus Istilah Sastra. Universitas Indonesia University. Press: Jakarta.

Shakespeare, William. 2015. "Romeo and Juliet." Paperback, CreateSpace Independent Publishing Platform.

Tirtawirya, Putu Arya. 1983. Apresiasi Puisi dan Prosa. Ende Flores: Nusa Indah.