Friday, February 13, 2015

Pengertian Seni Jenis Macam Misalnya Dalam Kesenian

Pelajarancg: Seni yaitu hasil yang diperoleh lewat kegiatan cipta, rasa, karsa dimana mendefinisikan keterpaduan antara kreativitas, inovasi dan motivasi yang sangat dipengaruhi oleh emosi. Adapun berdasarkan jenisnya untuk memaknai kebudayaan yaitu berdasarkan para andal sangat bermacam-macam bentuknya.


Seni sangat diharapkan dalam keragaman budaya nusantara di Indonesia terutama macam-macam kesenian dengan kreativitas, inovasi dan motivasi. Sebagaimana teladan pendapat pakar atau andal dalam Herbert Read (1959) bahwa pengertian Seni yaitu ekspresi dari penuangan hasil pengamatan dan pengalaman yang dihubungkan dengan perasaan, aktifitas fisik dan psikologis ke dalam bentuk karya. Secara Umum, Seni (bahasa Inggris: Art) yaitu hal-hal yang Baik / cantik ( sifatnya kongkret ), Halus / luwes ( sifatnya aneh ), kecil dan indah. Dimana secara sestematik atau berdasarkan arti katanya bahwa kesenian ialah hal-hal yang bekerjasama dengan kehalusan.


Untuk lebih mendalami kurikulum pelajarancg seni dibawah yaitu teladan ciri-ciri seni dalam banyak sekali jenis budaya untuk kesenian yang dilakukan melalui kreativitas dan motivasi berguru seni, kesenian dan kebudayaan maupun kiprah sastra di sekolah kamu.


Makara silahkan simak klarifikasi kurikulum pelajaran perihal Seni berikut jenis macam teladan kesenian dalam seni budaya.




PENGERTIAN SENI MENURUT PARA AHLI

Dalam seni budaya, kreativitas ini merupakan setiap karya seni yang dibentuk secara sengaja. Tanpa seni, dunia termasuk pelajar akan hampa, menyerupai gurun pasir tanpa oase bahkan beberapa pakar, tokoh termasuk para andal menjelaskan pengertian dari seni dalam pandangan yang berbeda seperti:

1. HERBERT READ (1959)

Menurut Read menyatakan bahwa pengertian Seni yaitu ekspresi dari penuangan hasil pengamatan dan pengalaman yang dihubungkan dengan perasaan, aktifitas fisik dan psikologis ke dalam bentuk karya.

2. ACHDIAT KARTA MIHARDJA (1997)

Pengertian seni berdasarkan Achdiat Karta Mihardja ialah kegiatan psikis (rohani) insan yang merefleksi kenyataan (realitas). Karena bentuk dan isi karya seni mempunyai daya untuk membangkitkan dan menggugah pengalaman tertentu dalam alam psikis si penikmat atau apresiator.

3. PROF. DRS. SUWAJI BASTOMI (1992)

Menurut Bastomi mendefinisikan bahwa pengertian Seni ialah semua gejala seni internal dan pengalaman berselera memanfaatkan jalur media, pesawat, shading, komposisi, volume dan cahaya redup.

4. I MADE BANDEM  (1998)

Sedangkan Bandem mendefinisikan bahwa kesenian merupakan dunia pandangan gres dan juga rasa berselimut estetika yang manifestasinya disebut karya seni. Sedangkan mengenai bentuk dan isinya tergantung dari jenis seninya, apakah itu seni tari, karawitan, pedalangan, seni rupa, seni sastra dan lain sebagainya.

5. SUDARMAJI (1979)

Menurut Sumarmaji dalam bukunya Dasar-dasar Kritik Seni Rupa, mendefinisikan kesenian yaitu pengembangan dari kata seni yang mempunyai arti halus dan kecil, alasannya yaitu karya seni pada umumnya. Karya seni yaitu karya yang halus mirip karya seni ukir, kayu, tatahan, wayang kulit, dan seni batik yang dikerjakan dengan penuh kerapian dan ketelitian.

6. WISNOE WARDANA (1990)

Sependapat dengan hal itu, Wisnoe Wardana dalam kutipan (1990) berpendapat bahwa kesenian yaitu buah budi insan dalam menyatakan nilai-nilai, keindahan dan keluhuran lewat banyak sekali media sebagai berikut :
  • Seni gerak : lewat media gerak dan sikap. contohnya; seni tari, seni beladiri, senam estetik, senam irama modern, akrobatik, dan pantomime.
  • Seni suara : lewat nada dan suara
  • Seni bangunan : lewat ruang dan substansinya.
  • Seni rupa : lewat garis dan warna.
  • Seni sastra :  lewat pengertian kata.

Dalam buku lain, tahun 1979, wardana mengutip pendapat dari Plato. Plato, seorang Yunani kuno, menyampaikan bahwa seni bukanlah imitasi sesuatu yang tampak, melainkan kembali ke prinsip-prinsip yang alami. Keindahan alam yaitu imajinasi yang paling terang dari kenyataan ideal. (Wisnoe wardana, 1979)

 Seni yaitu hasil yang diperoleh lewat kegiatan cipta PENGERTIAN SENI JENIS MACAM CONTOHNYA DALAM KESENIAN


JENIS-JENIS

Lalu apa saja jenis-jenis seni itu?. Apabila ditinjau dari keterpaduan antara kebudayaan dan kesenian, secara umum dengan menyimpulkan pendapat para pakar maka batasan-batasan seni dibagi menjadi 5 jenis atau macam ialah:
  1. Seni Rupa. Seni rupa yaitu suatu wujud karya insan yang mengandung unsur keindahan.
  2. Seni Musik. Seni musik atau seni bunyi yaitu keterpaduan antara kreativitas seni yang diserap melalui indra pendengaran.
  3. Seni Tari. Seni Tari yaitu keterpaduan antara kreativitas seni yang diserap melalui indra penglihatan.
  4. Seni Drama/Theater. Seni Theater yaitu keterpaduan antara kreativitas seni kiprah atau lakon yang umumnya dimainkan di atas panggung.
  5. Seni Sastra. Seni Sastra yaitu keterpaduan antara kreativitas seni yang dikemukakan melalui susunan rangkaian bahasa baik verbal maupun goresan pena yang sanggup menjadikan rasa bahagia tanpa pamrih bagi orang yang membacanya.

Secara umum macam-macam seni dibedakan berdasarkan jenis indra penserapannya yaitu seni audio, seni visual, dan seni audio-visual.

Baca:



JENIS-JENIS DALAM CABANG KESENIAN BERUNSUR SENI BUDAYA NUSANTARA

Budaya nusantara Indonesia sangat kaya dan beranekaragam. Salah satu jenisnya yaitu seni tari, yang merupakan cabang dari bentuk kesenian. Budaya dan Seni nusantara tari sendiri terdiri dari jenis tari tempat (adat), tari rakyat, tari balet, tari modern dance, tari musik pangggung/ opera, tari rekreasi.

1. Tari Daerah (adat)

Jenis untuk cabang tari dengan sopan santun tempat mempunyai ciri yang saling berkaitan baik sebagai suplemen maupun mediator untuk mencapai tujuan budaya nusantara.

2. Tari Rakyat

Jenis untuk cabang tari dengan kegiatan cipta, rasa, karsa mempunyai ciri yang tumbuh dan berkembang di kalangan rakyat Nusantara atau tarian yang berorientasi pada koreografi yang berkembang di masyarakat Indonesia

3. Tari Balet

Jenis untuk cabang tari dengan kegiatan cipta, karsa ini merupakan suatu tarian yang mempunyai disiplin tinggi dan aturan- hukum ketat serta didasari tradisi-tradisi tua.

4. Tari Modern Dance

Jenis untuk cabang tari dengan kegiatan cipta berdasarkan sejarah awal tari modern alasannya yaitu adanya penolakan terhadap bentuk yang formal mirip pada tari balet.

5. Tari Musik Opera

Jenis untuk cabang tari dengan kegiatan rasa, cipta, karsa tari ini merupakan perpaduan antara gerak tari, dramatikal dan musik iringan. Koreografi bersifat kolabarasi dengan demikian ketiga unsur seni yang mendukung tidak menjadikan mayoritas pada salah satunya.

6. Tari Rekreasi

Jenis untuk cabang tari dengan kegiatan kreativitas, motivasi,dan inovasi motitarin ini merupakan pertunjukan individual dari tari rakyat tradisi Negara-negara eropa maupun Indonesia (Nusantara).


KESIMPULAN PENGERTIAN SENI JENIS MACAM CONTOHNYA DALAM KESENIAN

Seni berasal dari kata sani (Sanskerta) yang berarti pemujaan,  persembahan, dan pelayanan. Kata tersebut berkaitan dekat dengan upacara keagamaan yang disebut kesenian.


Adapun bila dilihat dari macam-macamnya, berdasarkan beberapa pendapat andal atau pakar bahwa seni secara umum mempunyai 5 cabang dan cabang-cabang tersebut adalah:
  • Seni Rupa: Seni rupa merupakan salah satu cabang kesenian dimana mempunyai wujud niscaya dan memanfaatkan unsur rupa yang diklasifikasikan ke dalam bentuk gambar, lukis, patung, grafis, kerajinan tangan, kriya, dan multimedia.
  • Seni Teater: Seni teater merupakan pada dasarnya meliputi kemampuan memahami dan berkarya teater, kemampuan memahami dan menciptakan naskah, kemampuan memahami berperan di bidang casting kemampuan memahami dan menciptakan setting atau tata teknik pentas panggung dan penciptaan suasananya sebagai perangkat tambahan dalam membidangi seni teater.
  • Seni Musik: Seni Musik merupakan unsur bunyi dimana menjadi unsur utama dari seni musik. Sedangkan unsur lain yaitu bentuk harmoni, melodi, dan notasi musik merupakan wujud sarana yang diajarkan.
  • Seni Tari: Seni tari yaitu hasil ciptaan insan yang memakai gerak badan sebagai suatu keindahan.
  • Seni Sastra: Seni sastra yaitu hasil daya kreasi insan yang dinikmat segi visual dan dari makna yang dimilikinya. Seni sastra menggambarkan keindahan dalam bentuk kata-kata, baik itu dituliskan ataupun disuarakan. Contoh seni sastra yaitu puisi, tulisan, dan kaligrafi.



DAFTAR PUSTAKA PELAJARANCG.BLOSPOT.COM

Bastomi, Suwaji. 1992. Seni dan Budaya Jawa. Semarang : IKIP Semarang Press.

Damajanti, Irma. 2006. "Psikologi Seni"  buku ajar. Penerbit PT Kiblat Buku Utama

Ensiklopedia Jakarta Vol. 5. 2009. Jakarta: FT Lentera Abad.

Bandem, I Made. 1998. Peranan Seni dan Budaya dalam Pengembangan Pariwisata. Makalah Evaluasi Akhir Tahun Pariwisata 1998 BPP – PHRI dan FDP.

Koentjaraningrat. 2007. Manusia dan Kebudayaan Di Indonesia. Jakarta: Djambatan. Kusherdyana.

Mihardja, K. Achdiat. 1997. Polemik Kebudayaan : Pokok Pikiran St. Takdir Alisjahbana. Yogyakarta: Pustaka Jaya

Read, Herbert. 1959. The Meaning of Art. New York: Penguin Book.

Sudarmaji. 1979. Dasar-dasar Kritik Seni Rupa. Jakarta: Dinas Museum dan Sejarah, Pemerintah DKI

Wardana, Wisnoe, M. R. 1990. Pendidikan Seni Tari. Jakarta: PT. New Aqua Press.