Tuesday, February 10, 2015

Pengertian Seni Dan Kesenian Dalam Pelajaran Seni Budaya

PELAJARANCG: seni ialah keseluruhan sistem yang melibatkan proses penggunaan suatu imajinasi insan secara kreatif didalam sebuah kelompok masyarakat dengan kebudayaan tertentu sebagaimana pendapat ini dikemukakan berdasarkan para jago salah satunya penulis Cultural Anthropology, William A. Haviland (1993).


Kesenian merupakan salah satu bentuk unsur budaya universal yang menjadi cerminan dari peradaban insan pendukungnya. Menurut Macaryus (2008) berpandangan bahwa dalam komunitas masyarakat sederhana, seni cenderung dipandang sebagai ekspresi dan produk budaya yang berkaitan dengan sistem sosial masyarakat.


Seni dari pendapat Irma Damayanti, M.Sn bahwa pengertian seni ialah bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreatifitas manusia. Dan seni sangat sulit untuk dijelaskan serta juga sulit dinilai, bahwa masing-masing individu artis menentukan sendiri peraturan dan parameter yang menuntunnya atau kerjanya.


Menurut Ira Adriati, M.Sn (Dosen Seni ITB), seni merupakan proses dan produk dari menentukan medium dalam suatu set peraturan untuk penggunaan medium dan suatu set nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dikirimkan dengan ekspresi lewat medium bertujuan untuk memberikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan cara seefektif mungkin untuk medium tersebut.


Sedangkan untuk seni budaya, berdasarkan Koentjaraningrat (2009) dalam bahasa sehari-hari kebudayaan ialah dibatasi hanya pada hal-hal yang indah ibarat candi, tarian-tarian, seni rupa, seni suara, kesusastraan dan filsafat saja.


Dalam pelajarancg kebudayaan secara umum, mendefinisikan seni budaya ialah segala sesuatu yang diciptakan insan wacana cara hidup berkembang secara bersama pada suatu kelompok yang mempunyai unsur keindahan (estetika) secara turun temurun dari generasi ke generasi.


Pendapat umum lainnya, mendefinisikan kesenian dalam ilmu seni budaya nusantara ialah bermacam-macam bentuk kesenian yang tumbuh dan berkembang di masing-masing kawasan yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Ragam bentuk kesenian Nusantara tumbuh sebagai hasil olah budaya masyarakat yang hidup disuatu wilayah sesuai dengan adat istiadat dan kondisi lingkungannya.


Menurut Aristoteles, bahwa tujuan seni bukan untuk merepresentasikan penampilan luar dari sesuatu, tetapi signifikansi batiniahnya. Aristoteles beropini bahwa teori seni sebagai tiruan dari keindahan atau alam tetap ada sepanjang sejarah seni.


Ini sanggup disimpulkan, bahwa seni dan kesenian dalam seni budaya berarti materi pelajaran dari ekspresi juga keratifitas yang dihasilkan oleh manusia.

 seni ialah keseluruhan sistem yang melibatkan proses penggunaan suatu imajinasi insan  PENGERTIAN SENI DAN KESENIAN DALAM PELAJARAN SENI BUDAYA


Baca:





CONTOH SOAL DAN PENJELASAN JAWABAN ESSAY UTS SBK SD PADA KURIKULUM PELAJARANCG KESENIAN


Soal Jawaban Essay UTS SBK SD
1. Alat musik ritmis ialah...
Penjelasan: Alat musik ritmis merupakan jenis alat musik yang tidak sanggup membunyikan nada-nada tertentu, akan tetapi hanya dimainkan sebagai pengiring irama dan pengatur tempo lagu. Contoh alat musik ritmis ialah gendang, drum, tamborin, kastanyet, dan sebagainya.

2. Rumah adat Tongkonan dalam seni rupa terapan berasal dari kawasan ...
Penjelasan: Dari Tanah toraja / tator

3. Gambar Alpukat, Jeruk, Apel, Mangga, merupakan rujukan gambar ilustrasi dengan tema ...
Penjelasan: Tema Buah-buahan

4. Menurut fungsinya, seni rupa dibedakan menjadi .... dan ...
Penjelasan: Seni dibedakan menjadi seni rupa murni dan seni rupa terapan atau disebut estetis dan praktis

5. Apa yang dimaksud seni rupa terapan!
Penjelasan: Seni rupa terapan yaitu jenis seni rupa yang digunakan pada benda benda yang digunakan sehari hari.

6. Lagu “Ibu Kita Kartini” diciptakan oleh ....
Penjelasan: Lagu “Ibu Kita Kartini” ciptaan W.R Soepratman

7. Jelaskan pengertian lagu nasional!
Penjelasan: Pengertian dari lagu nasional yaitu lagu yang sudah dikenal oleh masyarakat secara nasional atau seluruh Indonesia

8. Sebutkan ciri-ciri lagu daerah!
Penjelasan: Beberapa ciri khas lagu daerah, antara lain :
  • Terkadang terdapat beberapa versi dari sebuah lagu di kawasan berbeda dalam suatu etnis.
  • Susunan melodi dan syair pada lagu kawasan pada umumnya cukup sederhana.
  • Teks lagu kawasan biasanya memakai bahasa dan dialek setempat (daerah setempat).
  • Biasanya lagu kawasan tidak diketahui penulis atau penciptanya (anonim).
  • Lagu kawasan pada umumnya diwariskan secara bebuyutan dengan tradisi lisan.


9. Apa yang dimaksud seni budaya!
Penjelasan: yang dimaksud dari seni budaya adalah segala sesuatu yang diciptakan insan wacana cara hidup berkembang secara bersama pada suatu kelompok yang mempunyai unsur keindahan (estetika) secara turun temurun dari generasi ke generasi.

10. Jelaskan pengertian Kebudayaan dan kesenian!
Penjelasan: Kesenian dan kebudaya ialah dua kata yang berbeda. kesenian : sesuatu yang diciptakan insan yang mengandung unsur keindahan. kebudaya : asal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan nalar manusia.

Semoga pada pelajarancg.blogspot.com seni budaya ini, pelajar maupun siswa bisa menyimpulkan apa itu arti dari yang dimaksud dengan seni dan kesenian sehingga bisa menjawab soal latihan yang diberikan di sekolah nanti, biar bermanfaat!!


DAFTAR PUSTAKA PELAJARANCG.BLOGSOT.COM
A Haviland, Wiliam. 1993. Antropologi. Jakarta: Erlangga.
Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: RinekaCipta.
Macaryus, Sudartomo. 2008. Seni Yang Memerdekakan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.