Wednesday, February 11, 2015

Sejarah Dan Tema Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2019

KURIKULUM PELAJARANCG: Sejarah dan Tema Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2019. Peringatan Hari Perhubungan Nasional diperingati setiap tanggal 17 September oleh bangsa Indonesia melalui Keputusan Menteri Perhubungan nomor SK.274/G/1971 tanggal 26 Agustus 1971 ihwal Hari Perhubungan Nasional, dengan tujuan utama meningkatkan rasa kebersamaan dan jiwa korsa warga perhubungan serta dengan kawan kerja jasa perhubungan pada umumnya. Menurut sejarah singkatnya Penetapan Hari Perhubungan Nasional dilatarbelakangi dari bahwa setiap Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor perhubungan mempunyai hari jadi atau hari bakti masing-masing yang waktunya relatif berdekatan. Hal ini seringkali mengakibatkan tidak efisien dari segi waktu dan biaya. Kemudian melalui SK Menteri Perhubungan tersebut memutuskan bahwa hari jadi tiap BUMN sektor perhubungan disatukan menjadi Harhubnas yang diperingati setiap tanggal 17 September.


Dalam goresan pena Pelajaran Sejarah kali ini mari kita mengenai Asal permintaan dan Tema Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) pada Tahun 2019. Sedang goresan pena Pedoman untuk Juknis Peringatan Hari Perhubungan Nasional pada Tahun 2019 akan pelajarancg bahas dalam artikel tersendiri.


Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) mempunyai sejarah penting yang panjang apabila dilihat dari asal mula perayaan. Peringatan Hari Perhubungan Nasional yang diselenggarakan setiap tanggal 17 September tidak semata-mata dimaksudkan untuk mengenang hari kelahiran atau ulang tahun suatu organisasi BUMN dibidang Perhubungan Nasional, namun lebih merupakan sebuah momentum untuk mengingat kembali suatu kejadian bersejarah di bidang perhubungan yang memperlihatkan inspirasi/motivasi bagi seluruh bangsa Indonesia dengan tujuan efisien dari segi waktu dan biaya.


Selain efisien, terdapat pula 3 tujuan Utama dalam memaknai Peringatan Harhubnas diantaranya:
  1. Meningkatkan rasa kebersamaan dan jiwa korsa warga perhubungan serta dengan kawan kerja jasa perhubungan pada umumnya;
  2. Meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab untuk selalu ikut membudayakan peningkatan pelayanan yang lebih baik;
  3. Meningkatkan penghayatan dan pengamalan 5 gambaran insan perhubungan

Sejalan dengan tujuan tersebut, Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) menjadi bab dalam daftar hari penting Nasional dalam mencapai tujuan-tujuan yang diperlukan empat sektor transportasi (Darat, Laut, udara, dan Perkeretaapian) yang terintegrasi dalam mewujudkan konektivitas di Indonesia.



Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah melalui menteri perhubungan untuk mewujudkan tujuan tersebut yaitu dengan berkomitmen terus meningkatkan kualitas dan daya saing SDM Transportasi yang saling bersinergi dalam mewujudkan Transportasi yang aman, nyaman, dan selamat di seluruh Indonesia. Untuk menyambut Harhubnas telah ditetepakan Logo, Tema, dan Koordinator Pelaksana  Program Kegiatan dalam Penyelenggaraan Peringatan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2019 sebagai pola ataupun juknis pelaksanaan kegiatan Harhubnas (Hari Perhubungan Nasional).



1. SEJARAH PERINGATAN HARI PERHUBUNGAN NASIONAL (HARHUBNAS) 2019

Sejarah telah mencatat Hari Perhubungan Nasional, atau biasa disingkat Harhubnas yaitu hari yang diperingati tiap tanggal 17 September setiap tahunnya. Hari perhubungan nasional ini pertama kali ditetapkan pada tahun 1971 melalui keputusan Menteri Perhubungan Nomor SK.274/G/1971. Surat Keputusan yang diterbitkan pada tanggal 26 Agustus 1971 ini mengatur mengenai peringatan hari perhubungan nasional.

Hari perhubungan nasional ini ditetapkan untuk memperingati hari bakti dari setiap BUMN yang bergerak di sektor perhubungan. Sebelum ditetapkannya hari perhubungan nasional, setiap BUMN yang bergerak di sektor perhubungan merayakan hari jadi atau hari bakti mereka masing-masing di tanggal yang berbeda dan berdekatan. Mempertimbangkan waktu dan biaya, perayaan yang berdekatan untuk merayakan hal yang nyaris sama dianggap tidak efisien. Oleh alasannya itu, pada tahun 1971 ditetapkan peringatan hari perhubungan nasional untuk menyatukan peringatan hari bakti seluruh BUMN yang bergerak di bidang transportasi.


Berdasarkan sejarah singkat inilah, sudah semestinya seluruh insan Perhubungan Indonesia mempunyai tekad berpengaruh dalam membangun peningkatan budaya dan prestasi layanan untuk mewujudkan transportasi yang handal dan berkeselamatan bagi seluruh masyarakat pengguna transportasi di Indonesia.


Karena inilah alasan mengapa pemerintah Indonesia merasa sangat penting menyelenggarakan Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) bukan hanya sekedar mengenal sejarah, tema dan logo dalam bentuk kata bijaksana ataupun ucapan motivasi semata.


Yang perlu diingat bahwa Peringatan Harhubnas mempunyai dua sisi manfaat yaiig tak sanggup dipisahkan satu dengan yang lainnya. Sisi manfaat yang pertama yaitu terbentuknya jiwa korsa dan kebersamaan seluruh anggota Keluarga  Besar Sektor Perhubungan. Manfaat kedua yaitu terciptanya apresiasi positif stakeholder dan masyarakat terhadap organisasi dan insan perhubungan yang ketika ini terus menerus berubah untuk menjadi lebih baik dalam upaya peningkatan keselamatan dan pelayanan jasa transportasi.


Artinya, Peringatan Harhubnas kali ini harus dimaknai sebagai momentum yang sempurna untuk merenungkan kembali terhadap kinerja perhubungan di Indonesia, dan aneka macam kejadian yang terjadi di sektor Perhubungan serta menyatukan persepsi dan tekad insan perhubungan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.


Dari Harhubnas apabila dilihat dari sejarah yang diperingati setiap tahunnya harus menjadi momentum segenap insan perhubungan untuk terus berkarya dan bekerja bersama membangun bangsa. Hal ini sejalan dengan tujuan pendirian Negara Kesatuan Republik Indonesia ibarat yang tercantum dalam alinea 4 Pembukaan UUD 45.


Hal lain yang perlu menjadi refleksi dalam peringatan Harhubnas ini yaitu pentingnya kosistensi pada spektrum keselamatan (safety) dan pelayanan (service dan hospitality). Meskipun efisiensi dilakukan di beberapa tahap kegiatan, akan tetapi dalam mengelola efisiensi tersebut dihentikan mengurangi kualitas keselamatan dalam pelayanan perhubungan yang merupakan harga mati dan tidak sanggup ditawar.


Perlu diketahui bahwa sektor perhubungan mempunyai peranan yang amat strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Keberhasilan pembangunan sangat dipengaruhi oleh peranan transportasi sebagai urat nadi kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan. Karena peranannya yang teramat strategis, maka segenap Sumber Daya Manusia (SDM) Perhubungan dituntut memperkuat kembali kesepakatan dan pengabdian untuk bekerja keras yang faktual di sektor transportasi, alasannya hal ini merupakan bab dari upaya meningkatkan kesejahteraan bangsa, dan
memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia.


2. LOGO PERINGATAN HARI PERHUBUNGAN NASIONAL (HARHUBNAS) TAHUN 2019 INDONESIA

Adapun logo Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas), yaitu sebagai berikut.

 Sejarah dan Tema Peringatan Hari Perhubungan Nasional  SEJARAH DAN TEMA PERINGATAN HARI PERHUBUNGAN NASIONAL (HARHUBNAS) 2019
Gambar logo Harhubnas (Hari Perhubungan Nasional) 2019


Adapun arti setiap gambar dari logo tersebut:
  • Bentuk Manusia Saling Berpegangan dalam logo ini mendeskripsikan kesepakatan terus meningkatkan kualitas dan daya saing SDM Transportasi yang saling bersinergi dalam mewujudkan Transportasi yang aman, nyaman, dan selamat di seluruh Indonesia.
  • Jumlah Empat Manusia dalam logo ini mewakili empat sektor transportasi (Darat, Laut, udara, dan Perkeretaapian) yang terintegrasi dalam mewujudkan konektivitas di Indonesia.
  • Warna Wami dalam logo ini mendeskripsikan harapan dan harapan yang ingin dicapai oleh seluruh elemen di Kementerian Perhubungan yaitu mewujudkan transportasi yang aman, nyaman dan selamat di seluruh Indonesia.

Catatan: Menteri Perhubungan Republik Indonesia telah resmi meliris Juknis ihwal penetapan logo, tema, dan koordinator pelaksana acara kegiatan dalam penyelenggaraan peringatan pada tahun 2019 untuk Harhubnas olehkarenanya logo tersebut telah sanggup dipakai untuk keperluan spanduk, kartu, baliho pelaksanaan kegiatan Harhubnas dalam menyambut Harhubnas di 2019.




3. TEMA PERINGATAN HARI PERHUBUNGAN NASIONAL (HARHUBNAS) DI TAHUN 2019

Sebagaimana diliris dalam informasi situs resmi oleh Pusat Data dan Informasi Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (jdih.dephub.go.id), tema utama yang diangkat dalam  Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2019 Indonesia yaitu "MERAJUT NUSANTARA MEMBANGUN BANGSA, BAKTI NYATA INSAN PERHUBUNGAN UNTUK INDONESIA UNGGUL INDONESIA MAJU”. dengan tema ini diperlukan menjadi momentum untuk mengajak seluruh elemen Kementerian Perhubungan dan seluruh stakeholder tolong-menolong dengan faktual membangun konektivitas yang sinergi guna mewujudkan transportasi yang berkeselamatan bagi seluruh masyarakat pengguna transportasi di seluruh Indonesia.


4. TAGLINE TAHUN 2019 PERINGATAN HARI PERHUBUNGAN NASIONAL (HARHUBNAS) INDONESIA

Tagline : BAKTI  NYATA INSAN PERHUBUNGAN



5. MAKNA LOGO SEJARAH DAN TEMA PERINGATAN HARI PERHUBUNGAN NASIONAL (HARHUBNAS) 2019 INDONESIA

Adapun memaknai Harhubnas tahun 2019 yang tersirat dalam tema dan logo Peringatan Hari Perhubungan Nasional ini sanggup artikan bahwa perlunya menumbuhkan motivasi dengan semangat mengajak semua elemen Kementerian Perhubungan dan seluruh stakeholder tolong-menolong dengan faktual membangun konektivitas yang sinergi guna mewujudkan transportasi yang berkeselamatan bagi seluruh masyarakat pengguna transportasi di seluruh Indonesia melalui Nakti faktual Insan Perhubungan ditengah kegiatan layanan sehari-hari. Inilah hakekat yang mestinya menjadi makna bergotong-royong bukan sekedar kata ataupun ucapan semata.


Akhir kata dari pembahasan pelajarancg.blogspot.com mengucapkan selamat memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) untuk Perhubungan lebih baik lagi dalam layanan sektor transportasi (Darat, Laut, Perkeretaapian dan udara) kerena terintegrasi dalam mewujudkan konektivitas di Indonesia!!