Sunday, February 8, 2015

Sejarah Dan Tema Peringatan Hari Perdamaian Internasional 2019

KURIKULUM PELAJARANCG: Sejarah dan Tema Peringatan Hari Perdamaian Internasional Tahun 2019. Peringatan Hari Perdamaian Internasional diperingati setiap tanggal 21 September oleh negara sedunia termasuk Indonesia melalui resolusi PBB 36/37 tahun 1971 perihal Hari Perdamaian Internasional, dengan tujuan utama memperingati dan memperkuat impian perdamaian baik di dalam maupun di antara semua orang dan bangsa. Menurut sejarah singkatnya Penetapan Hari Perdamaian Internasional (Bahasa Inggris: The International Day of Peace) adakala secara tidak resmi dikenal sebagai Hari Perdamaian Dunia dilatarbelakangi dari bahwa secara global untuk semua umat insan semoga berkomitmen pada Perdamaian di atas semua perbedaan dan bisa berkontribusi dalam membangun Budaya Damai bukan hanya hari ini namun hari-hari selanjutnya. Ini didedikasikan untuk perdamaian dunia, dan khususnya tidak adanya perang dan kekerasan, menyerupai yang mungkin terjadi oleh gencatan senjata sementara di zona pertempuran untuk susukan dukungan kemanusiaan. Dengan harapan tersebut pada tahun 2001, Majelis Umum PBB dengan bunyi bundar menentukan untuk menunjuk Hari sebagai periode perayaan tanpa kekerasan dan gencatan senjata yang diperingati setiap tanggal 21 September.


Dalam goresan pena Pelajaran Sejarah kali ini mari kita mengenai Asal usul dan Tema Peringatan Hari Perdamaian Internasional pada Tahun 2019. Sedang goresan pena Pedoman untuk Juknis Peringatan Hari Perdamaian Internasional pada Tahun 2019 akan pelajarancg bahas dalam artikel tersendiri.


Peringatan Hari Perdamaian Internasional mempunyai sejarah penting yang panjang apabila dilihat dari asal mula perayaan. Peringatan Hari Perdamaian Internasional yang diselenggarakan setiap tanggal 17 September tidak semata-mata dimaksudkan untuk mengenang hari libur perang, kekerasan dan pertempuran untuk perdamaian internasional, namun lebih merupakan sebuah momentum untuk mengingat kembali suatu insiden bersejarah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) khusus kemanusiaan dan perdamaian yang memperlihatkan inspirasi/motivasi bagi seluruh bangsa internasional di dunia juga Indonesia dengan tujuan menghormati penghentian permusuhan pada Hari itu.


Selain menghormati, terdapat pula kampanye atau undangan dengan tujuan utama dalam memperingati Hari Perdamaian Dunia Internasional, diantaranya:
  • Menghargai Hak atas Perdamaian atas semua orang didunia
  • Penghormatan, Keselamatan dan Martabat untuk Semua
  • Pembangunan berkelanjutan dengan membangun Blok untuk Perdamaian
  • Kemitraan untuk Perdamaian
  • Hak Rakyat untuk Perdamaian
  • Pendidikan untuk Perdamaian
  • Perdamaian Berkelanjutan untuk Masa Depan yang Berkelanjutan
  • Pemuda untuk Perdamaian dan Pembangunan
  • Hak Asasi Manusia dan Pemeliharaan Perdamaian


Sejalan dengan tujuan tersebut, Hari Perdamaian Internasional menjadi bab dalam daftar hari penting Internasional dalam mencapai tujuan-tujuan yang diperlukan semua bangsa dan orang untuk menghormati penghentian permusuhan pada Hari itu melalui pendidikan dan kesadaran publik perihal masalah-masalah yang berkaitan dengan perdamaian di Dunia Internasional.


Salah satu upaya yang dilakukan PBB melalui International Day of Peace untuk mewujudkan tujuan tersebut yaitu dengan berkomitmen terus mempromosikan perdamaian melalui bermacam-macam cara termasuk event, seminar, penggalangan dana dan kegiatan selamat kan korban konflik termasuk dukungan kemanusiaan lainnya menyerupai insiden cuaca ekstrem dan peristiwa yang menjadi lebih sering dan parah, perselisihan perihal berkurangnya sumber daya berisiko memicu konflik terkait iklim. Untuk menyambut Hari Perdamaian Dunia telah ditetapkan Logo, Tema, hashtags dan Slogan Pelaksanaan Program Kegiatan dalam Penyelenggaraan Peringatan Hari Perdamaian Internasional Tahun 2019 sebagai contoh ataupun juknis pelaksanaan kegiatan Hari Perdamaian Internasional.



1. SEJARAH PERINGATAN HARI PERDAMAIAN INTERNASIONAL 2019

Sejarah telah mencatat Hari Perdamaian Intenasional, atau biasa dikenal Hari Perdamaian Dunia (Dalam Inggris: World Peace Day) yaitu hari yang diperingati tiap tanggal 21 September setiap tahunnya. Mengutip situs resmi PBB, Hari Perdamaian Intenasional ini pertama kali didirikan pada tahun 1981 oleh resolusi PBB 36/37. Majelis Umum PBB telah menyatakan misi ini sebagai hari yang ditujukan untuk “memperingati dan memperkuat impian perdamaian baik di dalam dan di antara semua orang dan bangsa. Melanjutkan misi Hari itu, Majelis Umum menambah resolusi orisinil pada tahun 2001, memutuskan tanggal 21 September.


Hari Perdamaian Intenasional didedikasikan untuk perdamaian dunia, dan khususnya tidak adanya perang dan kekerasan, menyerupai yang mungkin terjadi oleh gencatan senjata sementara di zona pertempuran untuk susukan dukungan kemanusiaan. Hari itu pertama kali dirayakan pada tahun 1981, dan momentum ini dirayakan oleh banyak negara, kelompok politik, kelompok militer, dan orang-orang.


Berdasarkan sejarah singkat inilah, sudah semestinya seluruh masyarakat peduli akan perdamaian sedunia dengan mempunyai tekad berpengaruh dalam membangun peningkatan budaya tenang untuk menghargai hak atas perdamaian semua orang didunia dan penghormatan, keselamatan, martabat dan pendidikan untuk semua.


Karena inilah alasan mengapa warga negara sedunia merasa sangat penting menyelenggarakan Peringatan Hari Perdamaian Intenasional bukan hanya sekedar mengenal sejarah, tema dan logo dalam bentuk kata bijaksana ataupun ucapan motivasi semata.


Yang perlu diingat bahwa Peringatan Hari Perdamaian dirayakan oleh orang-orang di kota, lingkungan dan desa di seluruh dunia dengan cara yang bermacam-macam dan bermakna untuk terlibat.


Keterlibatan dalam Hari Perdamaian sanggup terjadi secara pribadi, sebagai bab dari grup dan / atau sebagai penerima dalam suatu acara atau program. Cara merayakan sanggup melibatkan Anak-anak dan Remaja, Seni, Non-Kekerasan, Lingkungan, Kesehatan, Keadilan Sosial, dll. Bahkan bermacam-macam ide untuk memperingati hari global ini bersama dengan semua umat manusia.


Dari pendidikan sampai seni, keadilan sosial sampai olahraga, kesehatan sampai lingkungan, problem lingkungan sampai layanan untuk orang lain, ada banyak cara untuk berpartisipasi dalam Hari Perdamaian! bahkan PBB mengundang semua orang untuk membuat kegiatan publik atau langsung yang terkait dengan perdamaian, membuatkan isu perihal Hari Perdamaian dan / atau menghadiri acara di lingkungan kita. Nah kalau Anda ingin ikut bergabung silahkan disini.


Artinya, Peringatan Hari Perdamaian kali ini harus dimaknai sebagai momentum yang sempurna untuk merenungkan kembali pesan secara global untuk semua umat insan semoga berkomitmen pada Perdamaian di atas semua perbedaan dan bisa berkontribusi dalam membangun Budaya Damai.


Dari Hari Perdamaian Sedunia apabila dilihat dari sejarah yang diperingati setiap tahunnya harus menjadi momentum semua bangsa dan orang supaya terus berkomitmen dan mendedikasikan diri untuk penghentian semua permusuhan di seluruh dunia dan terlibat dalam kegiatan yang mempromosikan perdamaian global.


2. LOGO PERINGATAN HARI PERDAMAIAN INTERNASIONAL TAHUN 2019 DUNIA

Adapun logo Peringatan Hari Perdamaian Internasional (Sedunia), yaitu sebagai berikut.

 Sejarah dan Tema Peringatan Hari Perdamaian Internasional Tahun  SEJARAH DAN TEMA PERINGATAN HARI PERDAMAIAN INTERNASIONAL 2019
Gambar logo Hari Perdamaian Sedunia (Internasional) 2019


Adapun gambar dari logo ini sanggup dipakai untuk spanduk, kartu ucapan selamat, maupun kutipan kata bijaksana dalam mempromosikan event 21 September untuk Anniversary 20 tahun Resolusi PBB perihal Program Aksi Budaya Damai.


Catatan: Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah resmi meliris Juknis perihal penetapan logo, tema, dan susunan acara pelaksana acara kegiatan dalam penyelenggaraan peringatan pada tahun 2019 untuk Hari Perdamaian Internasional olehkarenanya logo tersebut telah sanggup dipakai untuk keperluan spanduk, poster, kartu, baliho pelaksanaan kegiatan dalam menyambut Peringatan Hari Perdamaian Internasional yang ke-20 tahun di 2019.


DOWNLOAD:
  • Untuk Gambar keperluan Poster silahkan download disini format pdf
  • Untuk Gambar keperluan kartu post silahkan download disini format pdf
 Sejarah dan Tema Peringatan Hari Perdamaian Internasional Tahun  SEJARAH DAN TEMA PERINGATAN HARI PERDAMAIAN INTERNASIONAL 2019




3. TEMA PERINGATAN HARI PERDAMAIAN INTERNASIONAL (SEDUNIA) DI TAHUN 2019

Sebagaimana diliris dalam isu situs resmi oleh The International Day of Peace PBB, tema utama yang diangkat dalam Peringatan Hari Perdamaian Internasional di tahun 2019 Sedunia yaitu "CLIMATE ACTION FOR PEACE - AKSI IKLIM UNTUK PERDAMAIAN”. Tema ini menarik perhatian pada pentingnya memerangi perubahan iklim sebagai cara untuk melindungi dan mempromosikan perdamaian di seluruh dunia.


Perubahan iklim menjadikan ancaman yang terperinci bagi perdamaian dan keamanan internasional. Bencana alam menggusur tiga kali lebih banyak orang daripada konflik, memaksa jutaan orang meninggalkan rumah mereka dan mencari keselamatan di daerah lain. Salinisasi air dan tanaman membahayakan ketahanan pangan, dan dampaknya terhadap kesehatan masyarakat meningkat. Ketegangan yang meningkat atas sumber daya dan pergerakan massa orang menghipnotis setiap negara di setiap benua. Oleh alasannya pesan dari tema ini yaitu Perdamaian hanya sanggup dicapai kalau tindakan faktual dilakukan untuk memerangi perubahan iklim.



4. TAGLINE TAHUN 2019 PERINGATAN HARI PERDAMAIAN INTERNASIONAL (SEDUNIA)

Tagline : #peaceday dan #ClimateAction



5. MAKNA LOGO SEJARAH DAN TEMA PERINGATAN HARI PERDAMAIAN INTERNASIONAL (DUNIA) 2019 21 SEPTEMBER

Adapun memaknai Hari Damai tahun 2019 yang tersirat dalam tema dan logo Peringatan Hari Perdamaian Internasional ini sanggup artikan bahwa perlunya menumbuhkan motivasi dengan semangat mengajak semua orang, negara dunia dan seluruh pemimpin nasional bersama-sama mengambil tindakan untuk mengatasi perubahan iklim. Setiap insan yaitu bab dari solusi - dari mematikan lampu, naik transportasi umum, sampai mempromosikan pendidikan peningkatan kesadaran di lingkungan kita. Silahkan bagikan ide dan kegiatan Anda dengan melalui #PeaceDay dan #ClimateAction dari kegiatan sehari-hari Anda baik di sekolah, kantor, dll. Semoga hakekat yang mestinya menjadi makna bersama-sama bukan sekedar kata ataupun ucapan semata.


Akhir kata dari pembahasan pelajarancg.blogspot.com mengucapkan selamat memperingati Hari Perdamaian Sedunia (International Day of Peace) 21 September, Mari kita semua membuat Hari Perdamaian setiap hari!