Thursday, February 19, 2015

Pelajaran Bahasa Indonesia: Teladan Latar Belakang Idul Adha Untuk Anjuran Aktivitas Sambutan Perayaan Lebaran Qurban

KURIKULUM PELAJARAN : Apabila kau berniat untuk mengadakan aktivitas program menyambut hari raya qurban atau lebaran haji tentu yang dibutuhkan yakni menciptakan proposal. Proposal yakni pedoman kerja atau pola dalam pelaksanaan aktivitas yang direncanakan salah satu contohnya; perayaan lebaran qurban di hari raya Idul Adha tahun ini. Dalam pengertian bahwa usulan aktivitas yakni menggambarkan landasan dasar membelakangi atau titik tolak untuk menawarkan pemahaman kepada pembaca atau pendengar mengenai apa yang ingin kita sampaikan supaya apa yang dicita-citakan, atau dibutuhkan terjadi. Begitu juga dengan aktivitas sambutan perayaan hari suci lebaran Idul Adha. Nah bagi panitia, pelajar, mahasiswa hingga masyarakat yang berniat untuk mengadakan aktivitas program sambutan perayaan lebaran kurban di sekolah, kantor maupun lingkungan sekitar tentu membutuhkan teks goresan pena latar belakang Idul Adha untuk usulan aktivitas tersebut terutama mengenai pesan yang tersirat dibalik insiden bersejarah.


Khususnya bagi siswa sekolah, dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, tidak jarang kita juga menerima soal mengarang teks berupa kata dalam goresan pena wacana makna dan pesan yang tersirat dari berkurban di perayaan Idul Adha. Tentu saja makna dan pesan yang tersirat ini sanggup ditulis sebagai salah satu dari latar belakang usulan yang akan diajukan, namun apabila kau masih belum menerima pandangan gres atau gagasan dalam menciptakan latar belakang tersebut, pelajarancg mempunyai 5 contoh sebagai refernsi buat memudahkan kau dalam merangkai kata-kata bijaksana di usulan yang akan kau buat.


Dikutip dari banyak sekali sumber, inilah 5 contoh latar belakang Idul Adha untuk usulan aktivitas dalam sambutan perayaan lebaran qurban di program sekolah kamu.




LATAR BELAKANG IDUL ADHA 1

Dengan mengharap Ridho Allah SWT Kita sanggup melaksanakan aktivitas Qurban ini. Peran pendidikan di sekolah dalam berbagi potensi siswanya untuk menjadi pribadi yang baik saat terjun ke masyarakat sangatlah penting. Hal-hal tersebut tentunya perlu kontribusi dan didikan saat masih di sekolah. Namun sebagai bangsa yang beragama pula, keimanan siswa harus tetap terjaga seterusnya sehingga bisa menjadi pegangan hidup kelak nanti.


Pendidikan dan kontribusi dalam mewujudkan hal tersebut sanggup dilaksanakan dengan aktivitas keagamaan dan sosial. Sehubungan dengan Hari Raya Idul Adha yang akan berlangsung tanggal 11 Agustus 2019. Maka kami selaku Panitia Qurban ingin mewujudkan hal tersebut melalui aktivitas solat Idul Adha bersama dan penyembelihan binatang qurban yang bertujuan meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kepada Allah SWT, serta menumbuhkan kepekaan sosial terhadap masyarakat sekitar.


LATAR BELAKANG IDUL ADHA 2

Tradisi Qurban didalam Islam diisyaratkan dalam Q.S Al Kautsar ayat 1-3 dan Al Hajj ayat 36. serta hadist Nabi Muhammad SAW yang berasal dari Aisyah ra :” ibadah Qurban termasuk syari’at yang juga dilakukan Nabi Ibrahim. Beliaulah yang pertama kali melaksanakan qurban menyembelih domba, sebagai ganti anak yang dicintainya (Nabi Ismail).

Untuk memperingati Hari Raya Qurban ( Idul Adha) kami pengurus OSIS serta pengurus Remaja Masjid bermaksud mengadakan aktivitas penyembelihan binatang Qurban dan membagikan daging Qurban kepada masyarakat sekitar. Dengan aktivitas ini dimaksud untuk meningkatkan rasa Iman dan Taqwa terhadap Allah SWT serta melatih siswa untuk berQurban.


LATAR BELAKANG IDUL ADHA 3

Dalam bahasa Arab binatang qurban disebut juga udhiyah atau adh-dhahiyah dengan bentuk jamaknya al-adhaahi. Kata ini diambil dari kata dhuha. Sedangkan kata itu berasal dari kata yang memperlihatkan waktu disyariatkan penyembelihan qurban dan dengan kata itu, hari penyembelihan dinamakan yaumul adhha. Qurban disembahkan sebagai bentuk taqarrub pada Allah yaitu mendekatkan diri pada-Nya dan bukti aktual Islam yakni agama yang kaffah dan sangat memperhatikan kekerabatan sosial, salah satunya dengan disyariatkan qurban (Muhammad bin Ismail, 2009:566)


Perintah berqurban diwahyukan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dan untuk seluruh umat islam berlaku hingga simpulan zaman, Perintah berqurban mulai pada tahun kedua hijrah bersamaan dengan perintah mengerjakan shalat sunnat dua hari raya (Idul Fitridan Idul Adha).


Hari raya Idul Adha erat kaitannya dengan pelaksanaan ibadah kurban dan ibadah haji. Dalam rangkaian ibadah tersebut erat kaitannya dengan nabi Ibrahim AS. Nabi Ibrahim yakni seorang nabi yang mempunyai posisi mulia dalam agama Samawi. Qurban yang disyari’at pada umat Nabi Muhammad SAW. Ini untuk mengingatkan kembali nikmat Allah SWT kepada Nabi Ibrahim AS, alasannya yakni taat dan patuhnya kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa dan untuk bertaqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah. Perintah tersebut kemudian dilaksanakan oleh Rasulullah SAW, dan dia selalu berqurban selama sepuluh tahun, hingga dia meninggalkan dunia


Sehubungan dengan Hari Raya Idul Adha yang akan berlangsung tanggal 11 Agustus 2019. Maka kami selaku Panitia Qurban ingin mewujudkan hal tersebut melalui aktivitas solat Idul Adha bersama dan penyembelihan binatang qurban yang bertujuan meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kepada Allah SWT, serta menumbuhkan kepekaan sosial terhadap masyarakat sekitar.

 Apabila kau berniat untuk mengadakan aktivitas program menyambut hari raya qurban atau leba PELAJARAN BAHASA INDONESIA: CONTOH LATAR BELAKANG IDUL ADHA UNTUK PROPOSAL KEGIATAN SAMBUTAN PERAYAAN LEBARAN QURBAN

LATAR BELAKANG IDUL ADHA 4

Hari Idul Adha merupakan puncak dari ibadah haji. Hari ini dirayakan tidak hanya oleh umat muslim yang sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci Makkah Al-Mukaromah, tetapi juga dirayakan dengan penuh suka cita oleh umat muslim di seluruh dunia. Hari raya ini di sebut juga Hari Raya Qurban, dimana pada hari itu bagi setiap hamba-Nya yang bisa dianjurkan untuk menunaikan kewajibannya menyembelih binatang qurban.

Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syari’atkan penyembelihan (Qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, alasannya yakni itu berserah dirilah kau kepada-Nya. Dan berilah kabar bangga kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah). (QS. Al Hajj : 34)

Sesungguhnya Kami telah menawarkan kepadamu nikmat yang banyak, maka dirikanlah sholat alasannya yakni Tuhanmu dan ber-kurban-lah. (QS. Al Kautsar : 1-2)

Dari dua surat di atas, secara eksklusif Allah SWT menawarkan perintah agama (syari’at) di dalam kitab-Nya yang suci, bahwa kepada kita yang mengaku sebagai umat-Nya diwajibkan untuk melaksanakan ibadah Penyembelihan Qurban. Sejalan dengan tujuannya, kewajiban ini akan jatuh kepada hamba-hamba-Nya yang telah dilimpahi rezki dan membagi rezeki yang Allah berikan dengan saudara-saudara lain yang kurang (dhuafa).


Ibadah Qurban yang diperintahkan kepada umat Nabi Muhammad SAW yakni ibadah yang mengacu kepada sejarah qurbannya Nabi Ibrahim AS. Perintah mengorbankan anak yang dicintainya, Nabi Ismail AS yang kemudian Allah gantikan dengan seekor Gibas yakni salah satu bukti ketaatan Nabi Ibrahim AS dalam menjalankan perintah Allah SWT. Oleh alasannya yakni itu, pelaksanaan ibadah qurban harus diniatkan dalam rangka taat dan menjalankan perintah Allah, sebagaimana ayat-ayat di atas.


Ibadah Qurban juga mempunyai keutamaan yaitu pengampunan dan keridhaan dari Allah SWT. Amalan yang paling dicintai Allah pada hari raya Idul Adha yakni menyembelih binatang qurban. Sebagaimana disabdakan oleh Rasullah SAW :
Barang siapa yang mempunyai kelapangan (kecukupan harta) tetapi ia tidak berqurban, maka jangan sekali-kali mendekati kawasan shalat Kami” (HR Hakim dari Abu Hurairah)



LATAR BELAKANG IDUL ADHA 5

Hari idul adha merupakan puncak dari ibadah haji. Hari ini dirayakan tidak hanya oleh umat muslim yang sedang menunaikan ibadah haji ditanah suci Mekkah Almukaromah, tetapi juga dirayakan dengan penuh suka cita oleh umat muslim diseluruh dunia. Hari raya ini disebut dengan hari raya Kurban, dimana pada hari itu Setiap hambaNya yang bisa dianjurkan untuk menunaikan kewajibannya menyembelih binatang kurban.”Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah dirizkikan Allah kepada mereka, maka tuhanmu Ialah Tuhan Yang Maha Esa, kare itu berserah dirilah kau kepadaNya. Dan berikanlah kabar bangga kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).” (QS. Al Hajj : 34) “seseungguhnya kami telah menawarkan kepadamu ni’mat yang banyak, maka dirikanlah sholat alasannya yakni tuhanmu dan berkurbanlah.” (QS. Al-Kautsar : 1-2)


Dari surah diatas, secara eksklusif Allah SWT menawarkan perintah Agama (Syariat) didalam kitabnya yang suci, bahwa kepada kita yang mengaku sebagai umatnya diwajibkan untuk melaksanakan ibadah penyembelihan kurban. Sejalan dengan tujuannya, kewajiban ini akan jatuh kepada hamba-hambanya yang telah dilimpahi rezki yang Allah berikan dengan saudara-saudara lain yang kurang (Dhuafa).




Dengan mengharap Ridho Allah SWT Kita sanggup melaksanakan banyak sekali aktivitas keagamaan yang setiap tahun dilaksanakan di Sekolah Menengan Atas ini.


Peran pendidikan di sekolah dalam berbagi potensi siswanya untuk menjadi pribadi yang baik saat terjun ke masyarakat sangatlah penting. Hal-hal tersebut tentunya perlu kontribusi dan didikan saat masih di sekolah. Namun sebagai bangsa yang beragama pula, keimanan siswa harus tetap terjaga seterusnya sehingga bisa menjadi pegangan hidup kelak nanti.


Pendidikan dan kontribusi dalam mewujudkan hal tersebut sanggup dilaksanakan dengan aktivitas keagamaan dan sosial. Sehubungan dengan Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah yang akan berlangsung tanggal 11 Agustus 2019, Maka Kami selaku Dewan Guru Sekolah Menengan Atas ingin mewujudkan hal tersebut melalui aktivitas penyembelihan binatang qurban yang bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kepada Allah SWT, serta menumbuhkan kepekaan sosial terhadap masyarakat sekitar.


Kaprikornus itulah pelajarancg bahasa Indonesia untuk 5 kumpulan contoh latarbelakang dengan tema Idul Adha untuk aktivitas program menyambut hari perayaan lebaran qurban terutama buat panitia, pelajar, dan mahasiswa di Indonesia, biar bermanfaat!!