Monday, February 23, 2015

Pelajaran Sejarah : Apa Itu Tni Dan Ucapan Selamat Hari Tni

: Menurut Undang-undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2014 perihal apa pengertian Tentara Nasional Indonesia (TNI), bahwa Tentara Nasional Indonesia yaitu alat pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia, bertugas melakukan kebijakan pertahanan negara untuk menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah, dan melindungi keselamatan bangsa, menjalankan operasi militer untuk perang dan operasi militer selain perang, serta ikut secara aktif dalam kiprah pemeliharaan perdamaian regional dan internasional; dalam arti lebih umum bahwa Tentara Nasional Indonesia dibangun dan dikembangkan secara profesional sesuai kepentingan politik negara, mengacu pada nilai dan prinsip demokrasi, supremasi sipil, hak asasi manusia, ketentuan aturan nasional, dan ketentuan aturan internasional yang sudah diratifikasi, dengan santunan anggaran belanja negara yang dikelola secara transparan dan akuntabel. Secara singkat, berdasarkan isi dari Undang-undang tersebut yang dimaksud dengan Tentara Nasional Indonesia yaitu Tentara Nasional Indonesia dimana tertuang dalam pasal Pasal 1 perihal ketentuan umum.


Tentu selain pengertian apa itu yang dimaksud dengan Militer dalam hal ini Tentara Nasional Indonesia Menurut Undang-undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2014 terdapat pula paparan singkat istilah Militer yang sering kita dengar berdasarkan pendapat para pakar atau hebat baik dari pengamat bidang militer maupun ahli-ahli lainnya. Istilah-istilah dalam Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (AD), Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (AU), dan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (AL).


Pengertian Tentara Nasional Indonesia dalam istilah-istilah kemiliteran Seperti pola Tentara Nasional Indonesia AD, Tentara Nasional Indonesia AU dan Tentara Nasional Indonesia AL adalah:
  • ABRI (Singkatan dari: Angkatan Bersenjata Republik Indonesia) Berarti nama angkatan bersenjata Indonesia yang terdiri dari TNI-AD, TNI-AL, TNI-AU dan POLRI pada masa orde gres (sebelum 1998)
  • CPM (Singkatan dari: Korps Polisi Militer) Berarti mereka yang bertugas sebagai abdnegara penegak disiplin, hukum, dan tata tertib di dalam ruang lingkup TNI
  • Den Bravo (Singkatan dari: Detasemen Bravo 90) Berarti Unit khusus anti-teror Paskhas TNI-AU
  • Denjaka (Singkatan dari: Detasemen Jala Mengkara) Berarti Unit khusus anti-teror Korps Marinir TNI-AL
  • KOPASKA (Singkatan dari: Komando Pasukan Katak) Berarti Pasukan khusus TNI-AL
  • KOPASSUS (Singkatan dari: Komando Pasukan Khusus) Berarti Pasukan khusus TNI-AD
  • Pusdikart (Singkatan dari: Pusat Pendidikan Artileri) Berarti Pendidikan di TNI-AD
  • Satgultor (Singkatan dari: Satuan Penanggulangan Teror) Berarti Unit khusus anti-teror Kopassus TNI-AD
  • SBJ (Singkatan dari: Surya Bhaskara Jaya) Berarti aktivitas bakti sosial Tentara Nasional Indonesia AL
  • PUSPOM (Singkatan dari: Pusat Polisi Militer) Berarti markas atau sentra abdnegara penegak hukum, tata tertib, dan disiplin Tentara Nasional Indonesia

Tentu masih aneka macam istilah-istilah Tentara Nasional Indonesia AD, Tentara Nasional Indonesia AU dan Tentara Nasional Indonesia AL yang lainnya, selain dari istilah tersebut tahukah kau bahwa dalam sejarah terbentuknya Tentara Nasional Indonesia (TNI) berdasarkan perjalanan sejarah singkatnya, Tentara Nasional Indonesia pada awalnya merupakan organisasi yang berjulukan Badan Keamanan Rakyat (BKR). Kemudian pada tanggal 5 Oktober 1945 menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR), dan selanjutnya diubah kembali menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI). Setelah melewati pejalanan panjang sejarah perihal Tentara Nasional Indonesia ini singkat kata, pada tanggal 3 Juni 1947 Presiden Soekarno mengesahkan berdirinya Tentara Nasional Indonesia (TNI) secara resmi.


Pada tanggal 5 Oktober 1945 yeng merupakan berdirinya Tentara Keamanan Rakyat (TKR) kemudian ditetapkan sebagai Hari Makara Tentara Nasional Indonesia (TNI). Ini pula yang menjadi alasan mengapa tanggal 5 Oktober diperingati sebagai hari ABRI/TNI. Tepat di tahun 2019 Pada tanggal 5 Oktober ini Tentara Nasional Indonesia akan memperingati ulang tahunnya yang ke-74.


Sebagaimana tradisi peringatan hari ulang tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia yang jatuh pada 5 Oktober setiap tahun di Indonesia akan dirayakan secara Nasional oleh kesatuan Tentara Nasional Indonesia baik itu Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (AD), Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (AU), dan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (AL) sampai Masyarakat umum. Bukan hanya itu, Logo HUT Tentara Nasional Indonesia Ke-74 bahkan telah resmi dikampanyekan melalui website Tentara Nasional Indonesia (tni.mil.id).


Dalam Logo HUT Tentara Nasional Indonesia Ke-74 tahun 2019 ini terdapat pula tema peringatan Hari Makara Tentara Nasional Indonesia dimana tema utama yang diangkat yaitu "TNI Profesional Kebanggan Rakyat" dari tema inilah kemudian dalam aktivitas program dibentuk sub tema menyesuaikan kesatuan masing-masing.


Apabila Anda ingin mengunduh atau mendownload gambar logo dan tema HUT Tentara Nasional Indonesia Ke-74 tahun 2019 sanggup mengunjungi website resmi Tentara Nasional Indonesia adapun gambar logo HUT Tentara Nasional Indonesia ke-74 berformat PNG dan JPG. Melalui format-format ini nanti Anda sanggup mencetak untuk keperluan Baleho, Spanduk, ucapan selamat memperingati, bahkan kartu berisi pesan kata-kata mutiara Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia Ke-74 tahun 2019.

 perihal apa pengertian Tentara Nasional Indonesia  PELAJARAN SEJARAH : APA ITU Tentara Nasional Indonesia DAN UCAPAN SELAMAT HARI TNI


Baca:



Setelah pembahasan mengenai pelajarancg perihal sejarah Tentara Nasional Indonesia sampai logo dan tema Peringatan HUT Tentara Nasional Indonesia Ke-74 tahun 2019 saya mewakili keluarga pelajarancg.blogspot.com mengucapkan selamat hari jadi Tentara Nasional Indonesia 5 Oktober 2019 yang ke-74.


Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia Ke-74 tahun 2019, Tentara Nasional Indonesia Profesional Kebanggan Rakyat biar bukan sekedar kata slogan semata alasannya Tentara Nasional Indonesia dibangun dan dikembangkan secara profesional sesuai kepentingan politik negara, mengacu pada nilai dan prinsip demokrasi, supremasi sipil, hak asasi manusia, ketentuan aturan nasional, dan ketentuan aturan internasional yang sudah diratifikasi sebagaimana telah dituangkan dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2014 yang artinya diperlukan kesepakatan semuanya.


Bagaimana tradisi peringatan hari ulang tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia di kawasan Anda, silahkan menyebarkan dengan cg biar menjadi rujukan pandangan gres bagi pengunjung terutama siswa/ pelajar yang mencari pandangan gres dalam merayakan HUT TNI.