Monday, February 9, 2015

Pengertian Seni Jenis Macam Fungsi Misalnya Dalam Pelajaran Kesenian

PELAJARANCG: Seni ialah keterpaduan antara kreativitas, inovasi dan motivasi yang sangat dipengaruhi oleh rasa sehingga menghasilkan bermacam-macam jenis karya. Adapun jenis karya kesenian ialah berdasarkan para jago sangat bermacam-macam bentuknya.


Pada kenyataan sejarah dunia seni nusantara di Indonesia telah usang ada ini dibuktikan dari inovasi acara macam-macam kesenian di kawasan dan ini mempunyai fungsi penting dalam kehidupan sosial. Sebagaimana pola pendapat pakar atau jago dalam Achdiat Karta Mihardja (1997) bahwa pengertian seni ialah acara psikis (rohani) insan yang merefleksi kenyataan (realitas). Secara umum sebuah hasil karya dari seni akan menjadikan imbas yang berbeda-beda bagi setiap orang oleh alasannya ialah itu berarti setiap individu mempunyai parameter tersendiri untuk menilai sebuah kesenian.


Untuk lebih mendalami kurikulum pelajarancg seni budaya Indonesia dibawah ialah pola ciri-ciri seni dalam aneka macam jenis kesenian nusantara sebagai klarifikasi singkat untuk pembahasan kiprah kelas di sekolah kamu.


Makara silahkan simak penjelasan kurikulum pelajaran tentang seni berikut jenis macam pola seni dalam kesenian dan kebudayaan nusantara.




PENGERTIAN SENI MENURUT PARA AHLI

Nusantara yang terdiri dari bermacam-macam karakteristik kebudayaan sanggup dilihat dari keberagaman pakaian moral hingga seni budaya daerah. Tentu banyak manfaat yang didapat dari keberagaman karakteristik tersebut termasuk terbentuknya bermacam-macam kesenian daerah, bahkan beberapa para jago menjelaskan pengertian dari seni dalam pandangan yang berbeda seperti:

1. ACHDIAT KARTA MIHARDJA (1997)

Menurut Koentjaraningrat menyatakan bahwa pengertian seni ialah acara psikis (rohani) insan yang merefleksi kenyataan (realitas). Karena bentuk dan isi karya kesenian mempunyai daya untuk membangkitkan dan menggugah pengalaman tertentu dalam alam psikis si penikmat atau apresiator.

2. SUDARMAJI (1979)

Pengertian kesenian kalau mendefinisikan kata seni, berdasarkan Sudarmaji beropini bahwa kesenian mempunyai arti halus dan kecil, alasannya ialah karya seni pada umumnya karya seni ialah karya yang halus menyerupai karya seni  ukir  kayu,  tatahan  wayang  kulit, dan seni batik yang dikerjakan dengan penuh kerapian dan ketelitihan.

3. HERBERT READ (1959)

Menurut Read menyatakan bahwa pengertian Seni ialah ekspresi dari penuangan hasil pengamatan dan pengalaman yang dihubungkan dengan perasaan, aktifitas fisik dan psikologis ke dalam bentuk karya..

4. ENSIKLOPEDIA INDONESIA (2009)

Sedangkan Ensiklopedia mendefinisikan bahwa seni merupakan ciptaan dari segala hal, alasannya ialah keindahannya orang bahagia untuk melihat ataupun mendengarkannya.


5. PROF. DRS. SUWAJI BASTOMI (1992)

Menurut Suwarji Bastomi, mendefinisikan bahwa seni merupakan semua gejala seni internal dan pengalaman berselera memanfaatkan jalur media, pesawat, shading, komposisi, volume dan cahaya redup.

6. IRMA DAMAJANTI, S.Sn, M.Sn. (2006)

Menurut Irma Damajanti tahun 2006 bahwa seni ialah sebuah inti atau wujud dari keratifitas manusia, yang nantinya tidak sanggup dihakimi dengan nilai tertentu. Karena sebuah kesenian akan menjadikan imbas yang berbeda beda bagi setiap orang. Sehingga setiap individu mempunyai parameter tersendiri untuk menilai sebuah kesenian.

7. I MADE BANDEM (1998)

Menurut Bandem dalam Makalah Evaluasi Akhir Tahun Pariwisata Tahun 1998, beropini bahwa kesenian ialah dunia ilham dan juga rasa berselimut estetika yang manifestasinya disebut karya seni. Sedangkan mengenai bentuk dan isinya tergantung dari jenis seninya, apakah itu seni tari, karawitan, pedalangan, seni rupa, seni sastra dan lain sebagainya.

8. SUDARMAJI (1979)

Menurut Sudarmaji beropini bahwa Kesenian ialah merupakan pengembangan dari kata seni yang mempunyai arti halus dan kecil, alasannya ialah karya seni pada umumnya karya seni ialah karya yang halus menyerupai karya seni  ukir  kayu,  tatahan  wayang  kulit, dan seni batik yang dikerjakan dengan penuh kerapian dan ketelitihan.

9. R.M WISNOE WARDANA (1990)

Menurut Wisnoe Wardana dalam kutipan tahun 1990 beropini bahwa kesenian ialah buah budi insan dalam menyatakan nilai-nilai, keindahan dan keluhuran lewat aneka macam macam dan jenis-jenis media sebagai berikut :
  • Seni gerak lewat media gerak dan perilaku comtohnya;  seni tari, seni beladiri, senam estetik, senam irama modern, akrobatik, dan pantomime.
  • Seni bunyi lewat nada dan suara
  • Seni bangunan lewat ruang dan substansinya.
  • Seni rupa lewat garis dan warna.
  • Seni sastra lewat pengertian kata.
Dalam buku lain, tahun 1979, wardana mengutip pendapat dari Plato. Plato, seorang Yunani kuno, menyampaikan bahwa seni bukanlah imitasi sesuatu yang tampak, melainkan kembali ke prinsip-prinsip yang alami. Keindahan alam ialah imajinasi yang paling terperinci dari kenyataan ideal. (Wisnoe wardana, 1979).

10. Arnold Houser (dalam Endang Caturwati 2007)

Menurut Arnold Houser dalam endang caturwati tahun 2007, menjelaskan bahwa kesenian ialah seni yang tumbuh dan berkembang lebih banyak merupakan hasil ekspresi juga kreativitas masyarakat pemiliknya.


JENIS-JENIS

Ditinjau dari segi perkembangan kebudayaan dan pembelajaran kesenian, secara umum dengan menyimpulkan pendapat para pakar maka seni dibagi menjadi 5 jenis yaitu:

1. Seni Musik

Seni musik merupakan kesenian yang dapat dinikmati melalui telinga alasannya ialah memakai unsur bunyi sebagai unsur utama menjadi sebuah irama lagu. Karya Seni musik terdiri dari beberapa unsur utama diantaranya melodi, harmonisasi, dan notasi.

2. Seni Sastra

Seni sastra merupakan kesenian yang dapat dinikmati melalui telinga alasannya ialah memakai unsur bunyi yang disampaikan melalui verbal menyerupai pola sebuah bunyi, rima dan irama pada Puisi maupun pantun.

 Seni ialah keterpaduan antara kreativitas PENGERTIAN SENI JENIS MACAM FUNGSI CONTOHNYA DALAM PELAJARAN KESENIAN


Baca:


3. Seni Tulisan

Seni Tulisan atau kaligrafi merupakan kesenian yang dapat dinikmati melalui penglihatan (visual) alasannya ialah memakai unsur tulisan, bentuk, maupun kaligrafi yang disampaikan melalui penciptaan karya yang mempesona menyerupai pola goresan pena yang mengandung pesan dan makna didalamnya.


4. Seni Rupa

Seni Rupa merupakan kesenian yang dapat dinikmati melalui visual alasannya ialah memakai unsur gambar sebagai unsur utama menjadi sebuah bentuk karya. Seni ini disampaikan melalui penciptaan karya yang mempesona menyerupai contoh gambar, lukisan, patung, multimedia, kerajinan tangan (kriya), maupun karya seni lainnya.


5. Seni Tari

Seni Tari merupakan kesenian yang dapat dinikmati melalui visual alasannya ialah memakai unsur gerak sebagai unsur utama menjadi sebuah bentuk karya. Seni ini ialah salah satu macam-macam seni yang berfokus pada gerakan badan untuk membuat keindahan melalui gerak untuk divisualisasikan. Kreativitas dan inovasi seni tari secara umum biasanya berkolaborasi dengan seni musik sehingga dengan gampang untuk menjadi karya yang semakin menarik.



KESENIAN MENURUT NILAI FUNGSI SENI BUDAYA

Adapun fungsi-fungsi dari seni sangat bermacam, akan tetapi secara umum fungsi tersebut terbagi menjadi dua yaitu fungsi Individu dan fungsi sosial dengan klarifikasi sebagai berikut.

1. Fungsi Individu

Fungsi individu dari seni kebudayaan ini bermanfaat untuk kebutuhan langsung individu itu sendiri. Fungsi ini terdiri dari dua macam fungsi dari kesenian untuk individu yaitu;
  • Fungsi pemenuhan kebutuhan fisik. Apabila dilihat dari kesenian dan kebudayaan, pada hakekatnya insan ialah makhluk homofaber yang mempunyai kecakapan untuk apresiasi pada keindahan dan pemakaian benda-benda. Seni terapan memang mengacu kepada pemuasan kebutuhan fisik sehingga segi kenyamanan menjadi suatu hal penting. 
  • Fungsi pemenuhan kebutuhan emosional. Apabila dilihat dari kesenian dan kebudayaan, pada hakekatnya seorang insan mempunyai sifat yang bermacam-macam dengan insan lain. Pengalaman hidup insan yang merefleksi kenyataan (realitas) sangatlah mensugesti sisi emosional atau perasaannya. Sebagai pola perasaan sedih, lelah, letih, gembira, iba, kasihan, benci, cinta, dll. Manusia sanggup mencicipi semua itu dikarenakan didalam dirinya terkandung dorongan emosional yang merupakan situasi kejiwaan pada setiap insan normal.


2. Fungsi Sosial

Fungsi sosial dari seni kebudayaan ini bermanfaat untuk kebutuhan sosial suatu individu. Fungsi ini terdiri dari 7 macam fungsi dari kesenian untuk sosial budaya yaitu;
  • Fungsi Religi/Keagamaan. Karya seni sebagai pesan religi atau keagamaan. Contohnya ialah kaligrafi, busana muslim//muslimah dan lagu-lagu rohani.
  • Fungsi Pendidikan. Karya seni sebagai media pendidikan sanggup dilihat dalam musik, menyerupai ansambel alasannya ialah dilakukan dengan bekerja sama, menyerupai halnya dengan angklung dan gamelan yang mempunyai nilai pendidikan alasannya ialah kesenian tersebut terdapat nilai sosial, kerjasama dan disiplin. Karya-karya seni untuk pelajaran/pendidikan menyerupai gambar ilustrasi buku pelajarancg.blogspot.com, poster, alat peraga IPA, dan film ilmiah/dokumentar.
  • Fungsi Komunikasi. Karya seni sebagai media komunikasi. Contohnya adalah dalam kritik sosial, kebijakan, gagasan, guna memperkenalkan kepada masyarakat. Misalnya dalam kesenian dan kebudayaan pegelaran wayang kulit, wayang orang, dan seni teater ataupun poster, drama komedi dan reklame.
  • Fungsi Rekreasi/Hiburan. Karya seni sebagai fungsi utamanya ialah hiburan atau rekreasi untuk melepas kejenuhan atau mengurangi kesedihan yang khusus untuk pertunjukan berekpresi atau hiburan.
  • Fungsi Artistik. Karya seni sebagai media ekspresi seniman dengan menyajikan karyanya tidak untuk hal yang komersil. Contohnya ialah musik kontemporer, tari kontemporer, dan seni rupa kontemporer. Artinya seni pertunjukan yang tidak sanggup dinikmati pendengar/pengunjung, hanya sanggup dinikmati oleh para seniman dan komunitasnya.
  • Fungsi Guna. Karya seni sebagai yang dibentuk tanpa memperhitungkan kegunaannya, kecuali sebagai media ekspresi (karya seni murni) atau pun dalam proses penciptaan mempertimbangkan aspek kegunaannya. Contohnya ialah perlengkapan/peralatan rumah tangga yang berasal dari gerabah ataupun rotan. 
  • Fungsi Kesehatan. Karya seni sebagai fungsi kesehatan, menyerupai pengobatan penderita gangguan physic atuapun medis distimulasi melalui terapi musik yang diubahsuaikan dengan latar belakang pasien.


Selain dari 7 jenis-jenis, macam dan pola diatas tentu masih banyak fungsi dari seni budaya terutama apabila dilihat berdasarkan sudut pandang keragaman kesenian nusantara. Namun secara umum pola diatas sanggup mewakili fungsi-fungsi yang ada.



LALU APA PERBEDAAN DAN PERSAMAAN DARI SENI DAN KESENIAN

Persamaan dari Kesenian dan Seni:

Seni dan kesenian merupakan dua buah kata dari hasil ciptaan karya insan yang mengandung unsur-unsur dalam keadaan utuh, lengkap dan serasi yang mempunyai fungsi sebagai sarana hiburan, aktualisasi diri, sarana ritual, dll untuk membangkitkan dan menggugah pengalaman tertentu dalam alam psikis si penikmat atau apresiator.

Perbedaan Dari Seni dan Kesenian:

Seni merupakan karya cipta yang dibentuk oleh manusia, sedangkan kesenian merupakan dunia ilham dan rasa yang berselimut estetika yang manifestasinya disebut karya seni.



KESIMPULAN PENGERTIAN SENI JENIS MACAM CONTOHNYA DALAM PELAJARAN KESENIAN

Kesenian dan seni merupakan dua buah kata yang saling bekerjasama namun kalau ditelusuri lebih jauh, keduanya mempunyai perbedaan. Dari artkel diatas sanggup disimpulkan apa itu yang dimaksud dengan istilah seni dan kesenian.

Ada banyak definisi wacana seni dan kesenian, yaitu :

  • Secara sestematik (menurut arti katanya):
    • SENI ialah hal-hal yang Baik / cantik ( sifatnya kongkret ), Halus / luwes ( sifatnya abnormal ), Kecil, dan Indah
    • KESENIAN ialah hal-hal yang bekerjasama dengan kehalusan.
  • Secara leksikal (arti berdasarkan kamus):
    • Seni dalam bahasa sansekerta berarti “Sani” yaitu persembahan atau pemujaan.
    • Kesenian berarti segala hasil ciptaan karya insan yang sanggup menggugah dan menjadikan perasaan terharu.
  • Secara umum:
    • Seni merupakan hasil yang diperoleh lewat acara cipta, rasa, karsa. Tidak sama, tapi tidak seluruhnya berbeda dengan sains dan teknologi, maka cipta dalam seni mengandung pengertian keterpaduan antara kreativitas, inovasi dan motivasi yang sangat dipengaruhi oleh rasa (emotion, feeling).
    • Kesenian merupakan hasil ciptaan karya insan yang mengandung unsur-unsur dalam keadaan utuh, lengkap dan harmonis.


Kesenian merupakan bab atau unsur dari kebudayaan. Kata seni telah usang dikenal di Indonesia sebagai kata sifat, Seni sebagai istilah untuk menamai acara manusia. Selain arti lengkap kalau dilihat berdasarkan tokoh, jago maupun berdasarkan pakar sanggup disimpulkan terdapat beberapa fungsi dan cabang dari seni dan kesenian tersebut. kesenian mendefinisikan karya insan yang diciptakan   dengan perasaan yang sangat halus dengan keahlian luar biasa dengan nilai-nilai keindahan lewat  aneka macam media menyerupai cabang seni gerak, seni suara, seni bangunan, seni rupa, seni sastra dan cabang-cabang kesenian lainnya.




DAFTAR PUSTAKA KURIKULUM PELAJARANCG.BLOGSPOT.COM

Bastomi, Suwaji. 1992. Seni dan Budaya Jawa. Semarang : IKIP Semarang Press.

Damajanti, Irma. 2006. "Psikologi Seni"  buku ajar. Penerbit PT Kiblat Buku Utama

Ensiklopedia Jakarta Vol. 5. 2009. Jakarta: FT Lentera Abad.

Bandem, I Made. 1998. Peranan Seni dan Budaya dalam Pengembangan Pariwisata. Makalah Evaluasi Akhir Tahun Pariwisata 1998 BPP – PHRI dan FDP.

Koentjaraningrat. 2007. Manusia dan Kebudayaan Di Indonesia. Jakarta: Djambatan. Kusherdyana.

Mihardja, K. Achdiat. 1997. Polemik Kebudayaan : Pokok Pikiran St. Takdir Alisjahbana. Yogyakarta: Pustaka Jaya

Read, Herbert. 1959. The Meaning of Art. New York: Penguin Book.

Sudarmaji. 1979. Dasar-dasar Kritik Seni Rupa. Jakarta: Dinas Museum dan Sejarah, Pemerintah DKI

Wardana, Wisnoe, M. R. 1990. Pendidikan  Seni Tari. Jakarta: PT. New Aqua Press.